Pemprov Gorontalo Dorong Transparansi Pelayanan Publik Melalui Bimtek SP4N Lapor

Pemprov Gorontalo Dorong Transparansi Pelayanan Publik Melalui Bimtek SP4N Lapor---Mila Kominfotik
GORONTALO, DISWAY.ID - Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo terus berupaya meningkatkan kemampuan para operator di lingkungan pemerintah daerah dalam mengelola pengaduan masyarakat secara digital.
Langkah tersebut diwujudkan melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N) Lapor, yang dilaksanakan di Aula Panua, Kantor Bupati Pohuwato, pada Jumat (10/10/2025).
BACA JUGA:Dinkes Provinsi Gorontalo Lakukan Pembinaan dan Evaluasi Kinerja Labkesda Boalemo
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik, Zakiya Baserewan menegaskan pentingnya peran operator sebagai ujung tombak dalam penanganan laporan dari masyarakat.
Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini juga menjadi sarana evaluasi terhadap kinerja perangkat daerah dalam menindaklanjuti berbagai pengaduan yang disampaikan melalui platform SP4N Lapor.
“Fokus kami kali ini adalah memberikan pembekalan kepada para operator, karena mereka berperan langsung dalam mengelola laporan yang masuk. Melalui bimtek ini, para peserta dapat memperbarui kemampuan teknis, termasuk dalam hal pemulihan akun pengguna yang mengalami kendala seperti lupa kata sandi,” ujar Zakiya.
Sebagai bentuk penghargaan, seluruh peserta Bimtek tahun ini akan mendapatkan sertifikat dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo.
BACA JUGA:Idah Syahidah Dukung Penguatan Pengawasan Daerah di Rakornas Binwas 2025
Sertifikat tersebut nantinya dapat digunakan untuk menambah poin dalam penilaian kompetensi dan pengembangan karier pegawai.
Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapatkan sejumlah materi dari berbagai narasumber.
Salah satunya adalah Penyuluh Antikorupsi Pertama dari Inspektorat Provinsi Gorontalo, Hasanuddin Podungge, yang membawakan materi tentang “Evaluasi Pelaksanaan SP4N Lapor” guna mewujudkan sistem pelaporan yang terintegrasi, transparan, dan mudah diakses masyarakat.
Selain itu, Kepala Bagian Tata Laksana dan Pelayanan Publik, Fried Dewi H. Ahmad, juga memaparkan materi terkait “Pengelolaan SP4N Lapor dalam Mendukung Peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi”.
Peserta turut mendapat pendampingan langsung dari Alfred Suleman yang menjelaskan langkah-langkah teknis dalam menindaklanjuti laporan melalui SP4N Lapor.
Sumber: